DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN PEKALONGAN

19-10-2018 09:28:21

DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN PEKALONGAN

 

 

Curug Muncar

Wisata-Curug-Muncar

Salah satu tempat wisata di Pekalongan adalah air terjun yang indah dan sangat sayang untuk kita lewatkan. Air terjun atau Curug ini berada di desa Curug muncar sesuai dengan nama air terjunnya, Curug Muncar.Curug Muncar terdapat pada ketinggian 1.249 mdpl yang dikelilingi pemandangan menawan lereng gunung Rogojembangan. Curug Muncar terletak di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, atau sekitar 30 Km dari Kajen, ibukota Kabupaten Pekalongan. Terletak di hutan milik Perhutani, Curug Muncar memang menawarkan pesona yang sejuk dan asri. Untuk mencapai curug ini memang memburuhkan perjuangan ekstra, berliku dan mendaki, namun setelah sampai ke area curug ini, semua lelah akan sirna.

 

Curug Bajing

 IMG_20170516_165720_176

Curug bajing memiliki keindahan alam sekitar yang sangat mempesona. Curug Bajing Tempat Wisata Alam di Pekalongan Curug Bajing Tempat Wisata Alam di Pekalongan Jika anda liburan di Pekalongan, curug Bajing harus masuk dalam daftar kunjungan anda. Curug ini juga berada diketinggian, yaitu sekitar 1300 mdpl, wajar kalau hawa sejuknya bikin betah berlama-lama disini. Curug dengan ketinggian sekitar 70 meter ini terletak di desa Telogo Parkis, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan. Bagi anda yang hendak mencapai air terjun ini, anda harus trekking selama 15 menit dari lokasi parkir. Sembari menikmati keindahan curug, kamu bisa menikmati kopi hutan khas kawasan ini. Curug ini masih sangat asri, karena lokasinya jauh dari pemukiman warga. kita harus berjalan kaki sekitar 300 meter dari parkiran untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Debet air di curug ini cukup tinggi. Air terjun ini terdiri atas beberapa tingkat dengan bentuk seperti perosotan batu.

 

Pantai Depok

 pantai-depok2

Pantai Depok berada di Desa Depok, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Selain panoramanya yang elok, ombaknya yang tenang membuat kamu betah bermain air di sini. Apalagi, pohon nyiur di sekitar pantai gak cuma bikin tempat ini terasa teduh, tapi juga romantis untuk dikunjungi bareng pasangan. Suara gesekan daun nyiur yang tertiup angin berpadu dengan deburan ombak bikin hati terasa adem.

 

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

 Gunung-Kendalisodo-Pesona-Alam-Pekalongan-Jateng22

Di Gunung Kendalisodo ini ada puncak Hanoman yang menjadi salah satu spot wisatawan untuk berkumpul dan menikmati keindahan pemandangan sekitarnya. Gunung ini berada di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Memang, gunung ini sebelumnya lebih dikenal sebagai tempat semedi. Tapi, pecinta alam serta warga lokal menjadikannya sebagai salah satu gunung tujuan pendaki. Meski tingginya cuma 1.697 mdpl, jalur pendakiannya cukup curam dan menantang. Yang penting, persiapkan dirimu sebaik-baiknya sebelum mulaimendaki dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak.

 

Linggo Asri

 wisata-alam-linggo-asri-1

Satu lagi tempat wisata di Pekalongan yang wajib dikunjungi, Linggo Asri. Linggo Asri merupakan objek wisata terpadu yang ada di tepi jalan lintas provinsi.  Lokasinya yang strategis membuat Linggo Asri menjadi salah satu tujuan wisata di Pekalongan yang ramai dikunjungi, apalagi pada saat akhir pekan. Disini menawarkan berbagai arena bermain untuk keluarga, mulai dari kolam renang, kebun binatang mini, bumi perkemahan, sampai wisata outbond seperti /flying fox/, arung jeram, dan trekking di hutan. Berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 700 mdpl membuat tempat ini memiliki hawa yang sejuk. Apalagi, ditambah dengan panorama pedesaan dan pepohonan hijau di sekelilingnya, membuat objek wisata ini menjadi salah satu pesona Pekalongan yang wajib kamu singgahi.

 

Destinasi Liburan Desa Wisata Lolong Pekalongan

 6

Desa Lolong juga menjadi salah satu tempat wisata di Pekalongan yang menarik untuk kita kunjungi. Lokasinya ada di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Di desa ini terdapat banyak sekali perkebunan durian yang bisa dinikmati pada saat musim durian. Buat para pencintanya, durian sudah seperti buah yang berasal dari surga. Walaupun punya bau yang cukup menyengat, durian tetap punya banyak penggemar. Selain itu di Desa Lolong juga terdapat wisata adventure seperti /river tubing/ di Sungai Sengkarang.

 

International Batik Center Pekalongan

 ibc-pekalongan

International Batik Center merupakan kawasan terpadu yang menjual berbagai jenis kerajinan batik. Kamu bisa mendapatkan segala jenis batik di sini International Batik Center berdiri di atas lahan seluas 4 hektare di jalur Pantura lokasi tepatnya di jalan A Yani Nomor 573 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Kalau anda liburan di Pekalongan, jangan sampai tidak mengunjungi tempat ini ya.

 

Trekking ke Gunung Rogojembangan

 img041-03

Selain gunung Kedalisodo, ada juga gunung gunung Rogojembangan yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk mendaki. Trekking ke Gunung Rogojembangan di Pekalongan Trekking ke Gunung Rogojembangan di Pekalongan Lokasi Gunung ini berada di perbatasan wilayah kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara. Jalur pendakian utama gunung ini adalah melalui desa Gumelem, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan Gunung Rogojembangan merupakan puncak tertinggi dalam rangkaian Pegunungan Serayu Selatan. Tinggi gunung ini mencapai 2.117 mdpl. Selain trekking ke puncak, kita juga bisa mengunjungi beberapa tempat menarik di sekitar Gunung Rogojembangan. Salah satunya adalah Curug Muncar yang berada di lereng gunung pada ketinggian sekitar 1.249 mdpl

 

Wisata Watu Ireng

 watu ireng

Watu ireng adalah wisata yang terletak di Desa Lembur tepatnya di Jalan Raya Lembur, Desa Lembur, Kecamatan Kandang Serang Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Wisata Watu Ireng adalah wisata alam dengan pemandangan perbukitan.

Watu Ireng menyajikan wisata pemandangan alam khas pegunungan dengan objek utama batu besar diatas bukit, nah kenapa dinamakan watu ireng? 

Watu Ireng berasal dari bahasa jawa dimana watu yang berarti batu dan ireng yang berarti warna hitam. Jadu watu ireng adalah bukit yang didalamnya terdapat batu besar warna hitam.

 

Dari atas bukit pengunjung bisa menikmati panorama alam Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang dengan berfoto-foto di spot yang telah disediakan ataupun menikmati udara segar khas pegunungan dipadukan dengan indahnya jajaran bukit-bukit

 

Objek Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan

 pantai-wonokerto-700x500

Satu lagi tempat wisata Pekalongan berupa pantai yang bisa kita kunjungi, yaitu Pantai Wonokerto. Pantai Wonokerto berlokasi di desa Wonokerto, Kecamatan Wonokerto, Pekalongan. Di dekat pantai ini terdapat tempat Pelelangan ikan ( TPI ). Pantai ini bisa dicapai dari jalur pantura kurang lebih dalam waktu 20 menit. Bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jalan menuju ke pantai Wonokerto sudah beraspal. Namun ada beberapa bagian jalan yang kurang baik karena terendam air rob.Bila berkunjung ke Pekalongan jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pantai Wonokerto. Di pantai ini anda bisa bermain pasir dan bermain air sepuasnya. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk menuju ke tengah laut.

 

Objek Wisata Curug Bidadari Jolotigo di Pekalongan

 Curug-Bidadari1

Tempat wisata di Pekalongan yang selanjutnya adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan menjadi salah satu yang lagi hits di Pekalongan, yaitu Curug Bidadari. Objek Wisata Curug Bidadari Jolotigo di Pekalongan Objek Wisata Curug Bidadari Jolotigo di Pekalongan Curug Bidadari ini sering di sebut juga curug Batu Dinding Kolam Lima, karena di sekitar air terjun ini terdapat lima ceruk aliran air yang menyerupai kolam renang, yang sering digunakan untuk mandi dan berenang, mulai yang dangkal sampai yang kedalamannya belum terukur. Dan juga disisi kanan kirinya terdapat batu tebing yang tinggi menjulang.

Curug bidadari ini berada di desa Purbo Jolotigo, kecamatan Talun, kabupaten Pekalongan. Tetapi karena pintu masuk ke lokasi wisata ini dari desa Silurah, kecamatan Wonotunggal, kabupaten Batang dan dikelola oleh warga setempat jadi curug ini lebih populer disebut curug Bidadari Batang. Kalau kita sudah memasuki gerbang desa Silurah, sekitar 2 km kita akan menjumpai gang di sebelah kanan jalan, dengan gapura bertuliskan “Situs Sejarah Patung Ganesha, dan air terjun Kalirogno”. Air terjun yang tertera memang bukan curug Bidadari, tapi curug Kalirogno karena memang yang ditemukan lebih dulu curug Kalirogno. Setelah itu kita memasuki gang tersebut sekitar 1 km dengan jalan yang agak rusak kita akan menemui pertigaan lokasi wisata dengan papan Selamat Datang. Jika dihitung total waktu tempuh dari pantura sampai disini, memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sedang (±50km/jam).

 

Kali Paingan

 cover kalipaingan

Kali Paingan bisa menjadi tempat wisata di Pekalongan untuk anda dan keluarga tercinta. Lokasi kali paingan ini ada di pinggir jalan utama menuju ke Banjarnegara. Sebenarnya Kali Paingan adalah sungai biasa yang ada di pegunungan dengan air jernih yang menjadi ciri khususnya. Hanya saja sungai ini dimanfaatkan dan dikelola sehingga menjadi salah satu obyek wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

 

Curug Lawe

 Wisata-Curug-Lawe-Petungkriyono

Tempat wisata di Pekalongan selanjutnya adalah curug lawe yang ada di Jl. Kasimpar, Kasimpar, Petungkriono, Pekalongan. Objek wisata yang satu ini cukup terkelola dengan baik, namun masih butuh promosi agar dikenal oleh masyarakat luas. Disini anda bisa menemukan rurmah pohon yang bisa dijadikan untuk obyek berfoto. Dengan jepretan yang bagus pasti akan membuat teman di media sosial anda juga ingin mengunjungi curug lawe ini

 

Wana Wisata Sikujang

 IMG_0348

Wana Wisata Sikujang berada di Dukuh Combong, Desa Tajur, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. Berjarak sekitar 12 km dari Kajen, Ibukota Kabupaten Pekalongan ke arah selatan. Dengan lokasi yang berada di daerah pegunungan dan hutan pinus membuat Wana Wisata Sikujang berhawa sejuk dan sangat nyaman untuk bersantai dan melepas kepenatan. Sungai yang mengalir di kawasan wisata menambah kesegaran suasana.

Berawal dari ide pemuda Dukuh Combong Desa Tajur yang melihat adanya potensi alam yang sangat luar biasa dan mempunyai daya tarik untuk bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata alam. Maka dengan menggandeng pihak Perhutani selaku pengelola hutan di kawasan tersebut, maka tepatnya pada bulan April tahun 2016 Wana Wisata SiKujang resmi dibuka.

Ada beberapa obyek wisata alam yang dapat dikunjungi di Wana Wisata Sikujang seperti curug bekaka, kayu akar lawang, watu belah, air terjun susun dan watu pawon, dan kedung sikujang.

 

Curug Jlarang

jlarang

Curug Jlarang pesona yang tersembunyi. Ada pesona yang tersembunyi di Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Pesona itu bernama Curug jlarang yang berlokasi di desa Sidomulyo kecamatan lebak barang Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Pesona keindahan curug jlarang menghadirkan sebuah pemandangan alam yang sangat asri nan mempesona. Pesona hutan dan juga pemandangan sawah terasering menjadi menu utama jika Anda singgah ke curug jlarang tersebut.

 

Curug Siwatang

 siwatang

Curug Siwatang merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Kecamatan Paninggaran Kab.Pekalongan. Tepatnya di Dukuh Panumbangan Desa Lambanggelun. Memiliki latar belakang daerah pegunungan kawasan ini terdiri dari perbukitan yang memiliki panorama pertanian seperti padi, kebun teh, cengkeh dan juga memiliki hutan pinus dan hutan rimba.

Curug Siwatang saat ini sudah mulai dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kabupaten Pekalongan. Warga setempat yang tergabung Kelompok Sadar Wisata Curug Siwatang sudah mulai melakukan penataan ruang untuk mengembagkan wana wisata ini. Terbukti saat ini sudah ada rest area Curug Siwatang yang bisa digunakan para pengunjung untuk bersantai, menikmati kuliner dan berfoto ria. Karena di rest area ini dilengkapi boot selfie seperti gardu pandang, jembatan pohon, tanjakan cinta, hammock area dan pohon selfie.

 

Watu Bahan

 IMG-20170307-WA0005

Wisata Watu Bahan adalah wisata yang eksotis dan misterius. Misteri akan rahasia Batu misterius yang berada di Lemah Abang Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan menarik untuk ditelusuri. Penduduk lokal menamakan batu misterius tersebut dengan sebutan “Watu Bahan” dalam artian Watu = batu, bahan = bahan untuk bangunan. Benar saja kenapa dinamakan Watu Bahan karena memang seluruh bebatuan yang ada disini berbentuk segi lima atau segi enam yang memanjang 1- 2 meter dan lebar sekitar 50cm yang tersusun rapi seakan hendak ingin digunakan untuk membangun sesuatu. Ketinggian atas susunan Watu Bahan ini mencapai beberapa meter keatas dengan susunan horizontal maupun vertikal seakan sengaja dibuat.

 

Curug Madu Resmi dan Bukit Gambaran

 curug madu 1

36085838_504968286604833_8915421889594130432_n

Wisata Alam Curug Madu Resmi Lemah Abang Doro yang satu ini bisa menjadi alternatif anda ketika ingin hangout menikmati alam sekitaran Pekalongan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Lokasi Curug Madu tepatnya berada di Dukuh Lemah Abang, Desa Lemah Abang Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota Pekalongan bisa menjadikan Curug Madu sebagai pilihan anda dalam melampiaskan penat perkotaan. Kurang lebih 30 – 40 menit berkendara dengan sepeda motor atau mobil, sobat bisa sampai disini menikmati udara segar, pepohonan hijau sepanjang perjalanan hingga suara gemercik air terjun yang menenangkan hati.

Curug Madu terbilang biasa saja karena tidak terlalu tinggi hanya beberapa meter saja namun memiliki dinding tebing batu yang cukup lebar. Pada musim penghujan, Air akan mengalir hampir dari semua dinding-dindingnya. Tepat berada dibawahnya, terdapat kolam atau dalam bahasa lokalnya disebut “kedung” yang bisa anda gunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Sobat bisa bermain air sepuasnya, bisa main gerujukan air dari tebing batu berwarna kehitaman atau sekedar bermain di kolamnya yang tidak terlalu dalam hanya sebatas lutut orang dewasa saja. Jelas menarik untuk datang ke Wisata Curug Madu, cocok untuk wisata keluarga anda. Selain jarak tempuh yang tidak terlampau jauh, Curug dengan debit air yang tidak deras dan tidak berbahaya, juga karena penataan lokasi yang rapih dan bersih membuat pengunjung terasa nyaman. Tidak jarang juga pengunjung yang sudah berkeluarga mengajak anak dan isterinya datang kemari.

Nama Curug Madu diberikan karena pada sekitar tempat tersebut terdapat pohon madu. Yakni adalah sebuah pohon yang bentuknya seperti bibit pohon kelapa yang masih kecil tetapi yang membedakan ialah pada pohon ini sudah mempunyai bunga dan buah. Jika kita makan buah dari pohon tersebut dan kemudian dilanjutkan dengan minum air, maka mulut kita akan merasakan manis. Manis-manis inilah yang di identikkan dengan madu sehingga tempat ini dinamakan Curug Madu. Selain itu penamaan Curug Madu tidak bisa terlepas dari cerita rakyat setempat tentang tokoh yang bernama “Mbah Resmi”. Ceritanya Mbah Resmi ini penghuni sungai yang ada di Curug Madu, sedangkan Curug Madu sebenarnya cuma Kedung (Kolam) biasa sementara yang disebut-sebut Mbah Resmi itu adalah Pancuran-pancuran airnya yang berada diatas Curug. 

Sedangkan Bukit Gambaran adalah lokasi spot foto di desa Lemah Abang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan yang lokasinya dekat dengan curug madu resmi. Untuk menuju ke Bukit Gambaran tidak jauh dari parkiran, hanya berjarak 25 meter jalan kaki. Sampai disana ada 4 gardu pandang untuk spot foto para wisatawan. Setiap garu pandang memiliki tingkat pemandangan dan sensasi masing-masing. Diantaranya ada yang berbentuk rumah dan ada pula yang berbentuk pintu dan jendela adapula spot foto yang dihias awan-awan sehingga seperti foto diatas awan.

Gardu pandang berpapasan langsung dengan hutan alam terbuka Doro. Terlihat pohon-pohon rindang berdampingan dengan gradasi warna biru laut diatas pepohonan membuat mata kami tak henti memandang. Cocok sekali duduk diatas gardu pandang berteman segelas kopi yang panas. Selain gardu pandang, ada pula permainan untuk melatih keseimbangan seperti jembatan gantung, bola layang dan rumah hobbit yang cantik untuk mengisi galeri foto teman-teman.

 

Welo River

 10156135_1649927091909323_1393957235337407955_n

Welo River merupakan surganya bagi penyuka tantangan air, disini pengunjung dapat bermain air seperti Tubing atau River Tracking maupun bermain lompatan air di kolam bebatuan yang ciamik. Dengan 2-3 KM panjang track tubing, pengunjung akan diajak memacu adrenalin bermain air selama 3-4 jam. Dimulai dengan menceburkan diri di salah satu Kedung (kolam) yaitu yang paling terkenal adalah Kedung Sepingit kemudian dilanjut dengan menyusuri sungai menggunakan karet ban. Pengunjung akan diberi pengarahan dan perlengkapan keamanan serta guide yang siap membantu. Dengan air jernih bewarna kehijau dan terkadang kebiruan sangat menarik hati untuk menyegarkan badan mandi disana.

Welo River Petungkriyono menyediakan beberapa paketan yang bisa pengunjung gunakan untuk bermain air. Paket wisata yang ada di Welo River seperti River tubing, River tracking, Body rafting. Selain itu penunjung yang hanya ingin mandi (ciblon) dapat menyewa pelampung atau ban. 

 

Black Canyon

46287202_263217627880211_509085703990716698_n

Salah satu destinasi tempat wisata di Pekalongan yang memiliki keindahan surganya alam bebas terdapat di wisata alam Petungkriyono. Tidak dapat di pungkiri memang keindahan alam yang berada di Petungkriyono ini menyimpan surganya alam bebas yang harus anda kunjungi. Mungkin anda pernah mendengar tempat wisata Green Canyon yang ada di Pengandaran yang sangat terkenal tersebut, ternyata di Pekalongan juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah indahnya yang bernama kedung Sipingit atau Black Canyon.

Black Canyon ini merupakan salah satu tempat  wisata alam yang berada di Desa Kayu Puring, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan. Petungkriyo memang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang cukup indah yang belum terlalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Black canyon yang berada di Surga alam Petungkriyono. Kedung / kolam dengan air yang begitu jernih berwarna hijau kebiruan dengan dikelilingi tebing batu berwarna hitam yang eksotis. Lokasi dari Kedung Sipingit ini berada di Desa Kayu Puring Kecamatan Petungkriyono. Seperti baisa sobat masuk dahulu ke kawasan Ekowisata Petungkriyono. Dari gapura selamat datang kira-kira 5KM akan sampai di wilayah Kayu Puring