Curug Bajing

16-07-2018 14:19:04

 

 

Curug Bajing berada di Desa Tlogopakis kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Dari kejauhan terlihat Curug Bajing tak begitu tinggi dan deras, namun ternyata. Curugnya berarus air deras dan sangat tinggi hampit 70 m dan indah sekali karena masih alami dengan tebing batunya yang tinggi besar serta pepohonan disekitarnya. Curug Bajing Petungkriyono Pekalongan Pemberian nama pada spot wisata air terjun di Petungkriyono ini diambil dari nama Bukit yang berada dibelakangnya yakni Bukit “Bajing”. Ada yang mengatakan bahwa dibukit tersebut ada makam Mbah Bajing ada juga penamaan bukit tersebut karena dahulu dijadikan tempat persembunyiannya para “Bajing” (dibaca penjarah) ketika pendudukan Belanda dahulu. Entah mana yang benar sebaiknya kita sebagai penikmat alam dan pengunjung yang budiman harus menghormati segala kearifan lokal setempat dan menjaga tata krama sebagai wisatawan yang baik, dengan tidak membuang sampah sembarangan

Wisata Curug Bajing memiliki spot untuk memuaskan pe-hobi selfie karena ada Pohon Selfie hingga spot foto berbentuk hati yang jelas berlatang keindahan alam sekitar Curug Bajing. Namun yang menjadi favorit pengunjung ialah spot photo kayu dengan latar belakang deras air terjun Curug Bajing dan Tulisan “Curug Bajing”. Yang paling menarik ialah ketersediaan fasilitas di Curug Bajing sudah cukup lengkap, seperti ketersediaan tempat sampah, Mushola dan banyak toilet bersih yang disediakan. Tak ketinggalan juga beberapa warung makan yang siap menjadi rest area anda ketika selesai menjelajah Curug Bajing. Tempat Oleh-oleh Khas Curug Bajing atau Petungkriyono juga ada disini seperti Kaos maupun Kopi Petong yang dibuat dengan cara tradisional.

Bagi Sobat yang “kemalaman” ketika berada di Petungkriyono takut untuk pulang melewati Hutan yang sunyi, tak perlu risau sobat bisa datang ke penginapan yang berada tepat di pusat Kecamatan Petungkriyono. Dan apabila ada yang ingin bermalam di Curug Bajing tenang saja, disini juga ada penginapan yang bisa disewa, tinggal menghubungi saja pengelola Curug Bajing, anda akan disediakan Homestay untuk bermalam, jadi bisa puas menjelajah Curug Bajing dan Petungkriyono.