Lomba Organisasi Pemuda Berprestasi Jawa Tengah 2018

21-11-2018 11:55:13

Sebanyak 35 organisasi kepemudaan dari Jawa Tengah ikut berkompetisi dalam Lomba Organisasi Pemuda Berprestasi yang diadakan oleh DISPORAPAR Jawa Tengah. Peserta merupakan organisasi kepemudaan terpilih yang mewakili daerah masing-masing.

Wakil Kabupaten Pekalongan adalah Iqro Klub Kabupaten Pekalongan yang beralamat di Jalan Daha Tanjungsari yang diketuai oleh Daryanti, organisasi ini berkonsentrasi dalam pembinaan pengembangan karakter generasi bangsa. Program unggulan dari organisasi ini adalah "Pekan Menghafal". Sedikit gambaran, kegiatan ini dilakukan pada saat car free day di Alun-alun Kajen. Tujuan program ini adalah sarana untuk mendekatkan masyarakat umum dengan Al-Qu'ran dan sebagai sarana untuk memberdayakan remaja binaan Iqro Klub untuk berkontribusi dalam kebaikan.

Ada empat kriteria penilaian yang akan menjadi pertimbangan utama untuk menentukan juara I, II dan III. Keempat kriteria tersebut meliputi, hasil fact finding, model presentasi, manajemen keorganisasian dan seberapa besar dampak program pemberdayaan yang dijalankan.

Ajang kompetisi ini sangat penting untuk memacu organisasi kepemudaan di Jawa Tengah agar lebih terlibat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya pemuda. Melalui ajang ini  diharapkan muncul ide-ide kreatif dan inovatif pemberdayaan pemuda yang dapat menginspirasi organisasi kepemudaan yang lain.

Pada kompetisi ini Iqro Klub Kabupaten Pekalongan menjadi juara 3 tingkat Jawa Tengah, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan karena berarti program ini dipandang bagus dan baik untuk pemberdayaan pemuda dan masyarakat sekitar.