Bimbingan Teknis Pengembangan Wisata Alam di Kabupaten Pekalongan

18-09-2018 09:28:27

41963364_305859750224821_2501627182141407232_o

IMG-20180917-WA0018

IMG-20180917-WA0015

Bimbingan Teknis Pengembangan Wisata Alam di Kabupaten Pekalongan tahun 2018 dilaksanakan pada hari Senin, 18 September 2018 bertempat di Aula Gedung Pemuda Kabupaten Pekalongan. Acara di buka oleh Kepala Dinporapar Kabupaten Pekalongan Ir. M. Bambang Irianto, M. Si di sampaikan bahw a bimtek tersebut merupakan wahana bagi pengembangan wisata alam dalam meningkatkan daya tarik wisata alam yang ada di Kabupaten Pekalongan. Masih sering terjadinya permasalahan dalam pengembangan area wisata menjadi fokus utama dalam pembinaan yang akan dilakukan. Beliau juga menyampaikan bahwa melalui bimtek ini diharapkan bisa menjadi bertambahnya wawasan sebagai bekal peserta lebih kreatif dalam mengembangkan daya tarik wisata di masing-masing wilayah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kabupaten Pekalongan dengan tujuan menambah pengetahuan tentang pengembangan destinasi wisata alam di daya tarik wisata masing-masing. Narasumber dalam bimtek ini dari Kementrian Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, dan Dinporapar Kabupaten Pekalongan.

Kementrian Pariwisata dalam paparannya menyarankan agar para pelaku usaha wisata lebih melibatkan masyarakat sekitar supaya mereka juga menikmati hasil dari pengembangan wisata tersebut. Selain itu diharapkan agar para pelaku wisata lebih kreatif sehingga lebih  menarik pengunjung, misalnya dengan melibatkan sekolah-sekolah dan instansi pemerintah/swasta.

Narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah memaparkan bahwa Destinasi Wisata di Kabupten Pekalongan sangat menarik, namun supaya lebih menarik dalam wisata alam tersebut juga diharapkan ada wisata budaya yang dapat diangkat sehingga menjadi identitas suatu daya tarik wisata. Dalam hal ini disampaikan juga bahwa kreatifitas pengelola wisata menjadi hal kunci dalam pengembangan wisata. Pengembangan wisata alam juga tidak lepas dari akses yang memadai untuk mencapai daya tarik wisata tersebut.

Pada pemaparannya Kepala Dinporapar Kabupaten Pekalongan menjelaskan bahwa akses menuju destinasi wisata sudah mulai dibangun agar mempermudah para wisatawan menuju lokasi wisata. Tidak dipungkiri bahwa masih ada akses yang sulit dijangkau namun sedikit demi sedikit telah diperbaiki dan sudah diusulkan agar segera diperbaiki. 

Sebagai penutup acara para narasumber berharap akan adanya peningkatan aktifitas dan kreatifitas dalam membangun destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Pekalongan.